IT and Astronomy Development Division

Santri Darul Ulum Ikut Amati Gerhana

  • Author: 

Santri Dayah Modern Darul Ulum yang tergabung dalam Komunitas Astronomi Darul Ulum ikut melakukan pengamatan gerhana matahari parsial di gedung TDMRC Ulee Lheu (9/3).

 

Dalam kesempatan tersebut, santri dibantu tim Observatorium Tgk. Kuta Karang Lhoknga mengamati gerhana melalui teleksop dan kacamata gerhana matahari yang disediakan.

Tim berangkat dari Dayah ba’da subuh dan langsung menuju lantai atas gedung TDMRC Ulee Lheu. Sesaat kemudian Ka Kanwil Kemenag Aceh, Ibu Walikota Banda Aceh, dan pejabat lainnya menyampaikan sambutan singkat sebelum gerhana berlangsung.

Gerhana matahari sempat tidak dapat diamati pada awalnya karena tebalnya awan di atas ufuk timur. Namun menjelang puncak gerhana yang menutup 70% bagian matahari itu, akhirnya matahari menampakkan diri. Santri bersama warga kemudian menyaksikan bersama fenomena gerhana matahari ini dengan kacamata khusus gerhana, teleskop yang disediakan, dan streaming melalui hp pembina.

Ust. Rahmatul Fahmi, pembina yang menyertai, menjelaskan bahwa pengamatan langsung seperti ini bermanfaat besar bagi santri. “Melalui kegiatan observasi demikian, santri berkesempatan melihat langsung fenomena langka seperti ini dengan peralatan yang memadai, sehingga dapat memiliki pemahaman lebih baik dari salah satu peristiwa yang digambarkan Al-Quran sebagai tanda kebesaran Allah tersebut.”

Sebelumnya, santri yang diberangkatkan telah dibekali pengetahuan seputar gerhana dalam sudut pandang sains dan agama agar santri tidak hanya melihat gerhana sebagai fenomena tanpa makna dalam sains dan juga Islam.

    

Leave a Reply